Picnic at Singapore Botanic Gardens

Thursday, September 07, 2017

My best friend, Ingkan visit me with a mission: 
let's do photo shoot together !
Since we are sharing the same interest in photography, so I agree to take her visiting some spots that can be very Instagram material. Aha!
Basically I am not typical expert photography person. Cuma suka foto (sesuatu yang Instagram worthy) dan difoto aja, maklum alasan yang terakhir itu cita-cita jadi model tak tersalurkan. Hahaha...


So with our gears that day which are:
1 cabin lugage berisikan semua yang anda lihat dalam photo itu
1 picnic basket
2 our own hand bags

can you spot the bakwan? haha...
We went to Singapore Botanic Gardens and make this set up.
Oh the night before, I baked cookies and gak lupa pagi-paginya I fried bakwan for the properties and to be eaten of course !


Only with tripod and the difficulties to run back and forth, we gave up. Also when the sun shone that bright, padahal waktu itu belum jam 11 tapi yesss, foto outdoor jam segitu udah pasti jadinya jelek. So dibawah ini adalah hasil beberapa jepretan yang lumayan memuaskan ala-ala blogger. Terangnya pas! Natural light is always the best. Ini foto enggak pake di edit lagi. Super love!

Kalau lagi liburan ke Singapore, terutama yang dari Indonesia, give this Singapore Botanic Gardens a try. Ini kota rasa desa. Singapore is a very city. Big city. Hampir semua gedung-gedung tinggi dan mewah. Pasti sudah sering main di kawasan Orchard kan, Singapore Botanic Gardens ini paling cuma  15 menit dari Orchard. Well lebih bagus kalau stay-nya sekitar daerah Orchard, Cuscaden, Tanglin. Malah bisa jalan kaki, Keluar hotel coba jam 6.30 jalan kurang lebih 30menitan. Segar dan sehat. Jangan khawatir jalan kaki di Singapore debunya gak sebanyak di Jakarta kok, dan gak perlu takut diserempet ojek, karena pedestriannya nyaman banget.
Masa gak bosen kalau ke Singapore cuma ke Orchard, Sentosa, sama Marina Bay doang?


Di taman yang gede banget ini dan lumayan bikin capek buat jogging dan lari pagi sangat family especially kids friendly. Jangan bayangkan orang-orang leyeh-leyeh sambil ngerokok. Di Singapore, tempat-tempat publik seperti ini dilarang merokok. Jadi pagi-pagi, lari pagi sambil yoga juga bisa (tinggal gelar mat) berolahraga dikelilingi green sceneries, pohon-pohon besar, kicauan burung, masha Allah. Really recommended place buat family. Terutama yang punya anak bayi or toddlers yang liar hobinya lari-larian, pasti puas deh juga guling-gulingan di garden. Siapkan aja cemilan-cemilan, lalu alas buat duduk diatas rumput, yang kalau pagi masih suka basah sisa embun, ceilah. Botol minum juga bisa di refill di water station di sekeliling garden.

Di dalam garden terdapat beberapa garden terpisah sesuai tumbuhan yang ada di dalamnya. Misalnya Healing Garden isinya tanaman-tanaman alami yang bisa digunakan untuk pengobatan, lalu ada National Orchid Garden (tapi masuknya bayar nih $5 buat dewasa) isinya anggrek semua.  Dan masih banyak taman-taman lainnya lagi Intinya ini taman super duper luas sekali, Datang pagi deh jadi matahari masih belum panas banget, dan udara masih segar penuh oksigen, jadi beneran bisa kelilingin taman ini dari ujung sampai ujung.


Sayangnya gak ada kendaraan yang boleh masuk ke dalam garden, kecuali stroller bayi haha. Bahkan sepeda aja nggak boleh, padahal asik kan naik sepeda muter-muterin taman. Jadi enggak recommended pake hi-heels emang, secara jalan muterin taman ini aja bisa 5km lebih kalau nggak salah. Tapi jangan khawatir karena banyak sekali bangku-bangku di bawah naungan pohon yang rindang jadi bisa sekalian ngadem. Ada danau juga di dalam garden ini yang dinamakan Swan Lake, yes memang banyak angsa di dalam danaunya. Bisa sambil baca buku atau pacaran, loooohhh...

Bisa photo pre-wedding nggak?
BISA banget, gratis pula, nggak perlu repot kasih uang ini itu. Tapi ya mungkin kalo pre-wedding shootnya yang simple-simple aja. Nggak heboh pakai 10 crew kali ya. Kalau udah serious photography and filming silahkan cek websitenya dan isi permitnya.
Yang gak boleh itu pasang kemah terus camping hahaha.


Buat function?
Yes! From usual meeting, gathering, dine and dance, to wedding function. Bisa di garden ini. Ada ruangan-ruangan meeting yang disewakan. Cek di websitenya ya, sudah ada ratenya juga kok.

Makan?
Tenang, banyak restoran di dalamnya. Cuma ya kelasnya bukan yang murah meriah dan pinggiran yaa. Jangan bayangin kayak Jakarta atau Bangkok gitu ada taman terus depannya da tukang bakso malang sama mi ayam. Jadi kalau memang gak niat-niat banget makan-makan cantik dan fancy di dalam garden. Ya bawa cemilan aja dari rumah. Ya bawa lunch box juga boleh terus piknik deh.
Ada 1 restaurant, namanya Halia, ini fancy dan halal, ambiancenya juga enak buat brunch. Enak gak? Jangan tanya dulu, saya juga belum coba. Nanti deh ya kalau saya udah brunch di sana, nanti saya bikin tulisan terpisah.


Tips:
-Kalau mau photo shoot ala-ala seperti saya dan Ingkan (yang bawa perintilan banyak banget), usahakan sampai di garden maksimum pukul 7. Karena dari main entrance ke area piknik aja jalan ke dalam lagi sekitar 10-15 menit, Plus noto-noto timing, pasang tripod, dan berpose 1000x really takes time. So around jam 8 is all set up and you are ready to pose.
-Ada loker di pintu main entrance, jangan kahwatir kalau kepepet itinerary-nya harus kesini sebelum ke aiport, cabin luggage aja sih muat kok. Bayar sewa lokernya juga gak mahal plus bisa seharian.
-Kosongkan kandung kemihmu di area main entrance kawan, karena kalau udah di dalem, toiletnya agak lumayan jauh. So pipislah kalian di awal.
-For those who lives in Singapore, this is a pet friendly garden. Walk your dog (er even a cat), shall we?
-Kalau pas keliling lalu end-up keluar di exit Cluny Rd. Coba nyebrang sedikit ada tempat ngopi enak. Very tiny coffee shop called Plain Vanilla dan AC lohhh, sedap kalau buat ngadem sambil ngopi siang plus have a bite of pastries or their delicious cupcake. Hihi.
-Biar enak dan gak nyasar, pas masuk kalau ada brosur-brosur isinya map alias peta silahkan diambil, biar tau isi garden yang luas banget ini. Bisa juga minta di customer service counternya.


Getting here: klik disini
Official website: https://www.sbg.org.sg

Selamat piknik :)

You Might Also Like

0 comments