ONLY YOU WHO CAN CHANGE YOUR LIFE

Monday, September 21, 2015

Sudah 2 minggu ini saya gak pernah absen untuk exercise 'kecil-kecilan' di rumah. Hmm, jadi sudah 14 hari berjalan. Sepertinya ini pencapaian paling signifikan selama hidup saya.


Saya sudah sadar betul arti penting olahraga sejak dulu, gak pernah absen untuk paling enggak yaaa lari aja deh sekali sebulan. Pokoknya ya emang gak pernah dalam sebulan gak sama sekali keisi olahraga. Walaupun saya akui, itu masih banyak banget alasan dan berbagai macam excuses lainnya mulai dari:
gak ada waktu
terlalu capek, kan udah kerja pergi subuh pulang lewat isya
butuh lebih banyak me time (istirahat)
kurang tidur
gak ada temen
pas day off ya ngerjain yang lain, jalan-jalan, ketemu temen, etc... etc...

Bermula dari masuk kantor baru tahun 2012, temenan sama cw-gym freak-wellness mentor-Ingkan namanya! (saya udah pernah bahas tentang dia di blog saya dulu - yang gak tau kenapa nampaknya karena layoutnya expired jadilah banyak berubah dan foto-fotonya hilang - alhasil saya delete blog itu - hiks :'( - dan mulai nulis blog baru dari awal lagi)
Yaaa, semacam kata Rasul, kalo bertemen sama tukang minyak wangi ya bakal kena juga kita harumnya , kalo bertemen sama tukang pandai besi ya kita bakal ikut terbakar dan kena bau yang tidak sedap juga. Well anyway... Si Ingkan sih bukan tukang parfum apalagi pandai besi! Intinya adalah temenan sama dia membawa pengaruh baik bagi kehidupan saya. Hingga detik ini. Gak cuma mulai dari olahraga, tapi juga tentang banyak pola hidup sehat lainnya, asupan gizi dan nutrisi, clean eating, jumlah kalori, healtthy habbit dan lain-lain. Aselik! akan saya ceritain di tulisan selanjutnya

Singkat cerita, dia dengan membership VIP di suatu pusat kebugaran terkemuka di Jakarta mengundang saya untuk 'nemenin' - lebih tepatnya 'ngeracunin'. Tapi ini racun yang baik! Halah... ya intinya karena racun inilah saya bisa sesadar kesehatan hingga sekarang. Bermula dari cuma ngajak lari di treadmill lalu berlanjut dengan ajaran-ajaran pose squat, lunge, dan lain-lain. Karena dia juga saya berhasil beli sepatu lari (punya 2 lagi sekarang). Ya awalnya ngeracunin ikut kelas body pump, terus kelas yoga, lalu zumba, dan terus aja berlanjut dari minggu ke minggu, bulan ke bulan. Saya nebeng benefit membership gymnya Ingkan yang katanya setiap weekend or public holiday entitled bawa 1 orang (jadi ini free, saya gak bayar).

Gak sampe situ aja mulailah dia dengan healthy lifestylenya itu meracuni orang-orang sekantor untuk workout before or after office hour. Saya sih nolak awalnya...
"Ogah gue! Rumah gw jauh di Bekasi, situ enak ngekos, mau sebelum atau sesudah ngantor masih banyak waktu istirahat"
Eh dia jawab apaaaa gitu, saya lupa pokonya kayanya jawabannya rada ngenyek, intinya saya 'cemen'  gakbisa meluangkan waktu olahraga sesekali aja dalam seminggu (karena kan ada employee gym di sebelah loker, kebangetan sik lari 20 menit aja gak sempet-intinya kan saya hanya butuh datang 20 atau 30 menit lebih awal-kalo niat-yang sayangnya waktu itu belum niat)
Terus pernah juga kita weekend janjian. Lah dia enak kosannya enak ngojek atau taxi 15-20 menit udah bisa sampe gymnya. Lah saya dari luar kota, plus harus naik kereta pula demi gym gratisan rasanya agak PR amat yaaa...
Well tapi dengan segenap keteguhan hati dan tenaga akhirnya saya bisa juga weekend beberapa kali gym di Jakarta itu (udah tau kan kalo saya domisilinya di luar propinsi DKI Jakarta, yakni di Bekasi, Jawa Barat). Pokoknya waktu itu saya niat-seniat-niatnya lah untuk 'memulai' hidup sehat dengan berolahraga.

Nah Ingkan ini anaknya bisa diam-diam menghanyutkan a.k.a ngambekan. Hahaha... Waktu itu saya pernah cancel weekend gym plan kita, lupa karena kudu nganter nyokap kemana gitu apa karena ada schedule pacaran. Dia mah diemmm ajaaaa... Tapi tiba-tiba posting...
If you think it's important, you will find a way or anyway not an excuse! Let's run!
 Ya gitu aja sih postingan Path-nya. Gak ada with siapa gitu. tapi kan menohok pas saya baca. Hiks...

Oke! So udah lah yaaaa dari banyaknya mood saya yang galau mengenai berolahraga itu, akhirnya saya dapet 'selah'nya. Hehe, yaaaaa kalau saya lagi males, saya mikir aja "lahhh ini ada temennya lohh buat olahraga, lo masih males Nda! Gimana enggak ada temennya, pasti entar tambah males!"
So intinya...
Work out now or never!
Jadi mungkin bisa dibilang saat itu saya pake ilmu 'aji mumpung'.
Yang ternyata baru saya sadari setelahnya.... Bahwa saya gak seaji mumpung itu amat lho... Sungguh deh...
Ingkan itu anaknya tegaan dan very honest. Dia bisa tega bilang 'enggak' dan jujur banget kalo dia enggak mau melakukan sesuatu. So sama dia kagak ada kamus 'maksa'. Mau seribu jurus juga enggak bakal mempan. Gak jarang kalau diajak hangout after office hour dia nolak "NO WAY! Gw ada kelas hari ini!" -ya entah kelas yoga apa body pump lah di gymnya itu, yang jelas bukan kelas matematika.
Jadi waktu saya udah teracuni dan jadi mood buat datang lebih pagi ke kantor mau gym (treadmill bentaran) malah jadwal gym dikantor saya yang enggak pernah sama sama dia. Dia kalo datang gym lebih pagi di kantor itu, semau-mau dia, kalau lagi enggak capek malam sebelumnya dibantai sama PT (personal trainer)nya dia dateng. tapi kalau udah ambruk dia ogah. Dan saya berkali-kali ditolak dia mulu. Lah sekalinya saya mau datang kantor lebih pagi krn mau gym dianya nolak, sekalinya dia bisa saya yang gakbisa bangun pagian, atau kecapekan. Well... kita berdua punya kondisi badan yang beda-beda. Jadi gak bisa disama-samain waktu gymnya.
Alhasil saya lebih sering nge-gym sendirian di kantor ketimbang sama dia. Seriously! (bangga banget sama diri sendiri. Ternyata 'kemauan' saya sebegitu kerasnya. Hehe). Gak jarang kalo lagi malas bangun pagian buat ngejar kereta pagi yang udah pasti maaak penuhnya naudzubillah, saya lebih pilih berangkat entaran jadi lari 3x muterin komplek rumah dulu, mandi, siap-siap, baru berangkat. Terus ngeluangin entah pas Sabtu atau Minggu, saya lari ke komplek depan yang agak panjang tracknya buat weekend workout.
So... Saya, merasa bahwa ternyata saya cuek dan gak butuh temen kok kalo mau workout. Aha!


Kebiasaaan yang 'agak dipaksakan' pada awalnya itu membuat saya seperti ini hingga sekarang. Gak sombong lah saya, saya belum ada apa-apanya kok kalo olahraga dibanding beberapa orang diluaran sana yang lebih rutin dan well-planned agenda olahraganya. Tapi setidaknya saya bersyukur bahwa saya memiliki kesadaran untuk hidup sehat sehingga menyempatkan sesekali paling tidak (kalau niatnya lagi gak ada banget yaa sebulan dehhh sekali-walau cuma lari 15 menit atau exercise kecil-kecilan di kamar). Dan saya bersyukur bahwa saya bisa memulai hidup seperti ini. Menurut saya ini adalah kemajuan. Bayangin saya hidup sudah 20 tahun lebih di dunia baru diumur 23 sejak ketemu Ingkan baru saya terbuka pikirannya untuk hidup lebih sehat, selain dengan olahraga salah satunya juga dengan jaga makanan. Kalau saya mau melirik kehidupan orang lain, ya gak perlu lah orang lain yaaa, tapi teman-teman satu lingkungan, or bahkan keluarga, contoh nyata sih suami sendiri, haha. Mereka olahraga setahun sekali aja mungkin, alasannya? Ya itu tadi di paragraf awal saya sebutkan. Ya gitu-gitu aja. Bener lhoo... Emang semua itu harus ada nawaitu, niat. In sha Allah kalau niatnya udah keras, akan tergerak kok ke arah yang kita inginkan. Nah menurut saya,
Dalam berolahraga punya niat tapi belum usaha itu lebih baik dari enggak punya niat sama sekali.
Believe me! Wong yang udah punya niat sama mau usaha aja itu suka gak sampe goalnya, ada aja penghalangnya banyak banget godaannya. Nah gimana yang enggak niat sama sekali. Itu bakal jauuuuuhhhhh bangettt sampenya. Saya aja udah 3 tahun kan berarti punya niat hidup sehat tapi tetep masih bolong-bolong olahraganya dan makannya masih suka asal-asalan. Makanya diminggu kedua saya rutin bisa SETIAP HARI olahraga, itu saya seneng banget!! Karena ada kalanya saya gak mood sama sekali, males tapi yeah I did!
So can you imagine kan gimana saya sangat bersyukur bahwa Tuhan mempertemukan saya dengan perempuan satu ini-yang memunculkan niat saya-yang selain jadi wellness mentor-juga jadi traveling partner-bahkan galau partner.

Thank you for open my eyes to change my life
Thank you for being my inspiration Ingkan :)

ps: 2 hari lalu dia ulang tahun, dan seperti biasa sih dia gak pernah ngecek ucapan selamat ulang tahun dari saya pada sosial media yang saya post, sama kayak tahun-tahun sebelumnya, hadehhh. Sampai tulisan ini ditulis kayanya dia belum liat deh saya post sesuatu di Path. So I dedicate this writing for you. Keep inspiring and stay healthy makcik! You are gorgeous as always :D

You Might Also Like

0 comments